Memaksimalkan Digital Marketing Untuk Memperbaiki Keadaan Ekonomi

 





Bismillahirrahmanirrahim, assalammu’aaikum wr.wb. sobat dunia kampus. Kali ini kita akan membahas terkait digital marketing, perubahan bisnis, dan perubahan selera konsumen, tentu dengan berbagai penerapan digital marketing di masa pandemi COVID-19. Semoga tidak mengecewakan yaa!

Menurut Caroline Forsey dari Hubspot, marketing atau pemasaran adalah proses untuk membuat masyarakat tertarik pada produk atau jasa dari sebuah perusahaan. Untuk melakukan proses ini, perlu dilakukan riset pasar, analisis, dan pencarian pelanggan yang ideal. Marketing biasanya dilakukan untuk meraih calon customer dan membuat mereka mengetahui akan produk/jasa serta menyajikan beberapa informasi detail yang akan menjelaskan tentang nilai-nilai dari hasil produksi suatu perusahaan.

Proses ini merupakan salah satu pondasi dari sebuah perusahaan untuk bisa terus berdiri dengan keadaan persaingan yang sangat ketat serta kompetitor yang menyediakan jenis produk yang sama dalam suatu pasar. Ini dapat menyebabkan terjadinya eliminasi terhadap beberapa perusahaan yang tidak dapat bertahan dalam menghadapi persaingan, sehingga menyisakan produk-produk terbaik yang bisa di dapatkan oleh konsumen serta memiliki nilai atau value yang tinggi. Tidak hanya itu, suatu proses pemasaran juga bertujuan untuk meningkatkan jumlah penjualan agar bisnis bisa terus tumbuh dari waktu ke waktu.

Perkembangan terknologi saat ini menciptakan arus persaingan yang jauh lebih kuat, bagaimana tidak? Dengan bertambahnya pengguna smartphone yang sangat signifikan membuat proses marketing dapat mencangkup kawasan yang lebih luas dari sebelumnya. Bagaikan sebuah kolam yang tadinya terbenung parit sekarang telah meluas menjadi sebuah danau. Proses pemasaran suatu prodak/jasa tidak terbatas akan jarak berbagai wilayah, bahkan bahasa yang sekarang bisa menggunakan website penerjemah agar bisa saling memahami. Inilah yang kita sebut sebagai Digital Marketing.

Marketing atau pemasaran dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya adalah pendekatan. Ucapan terimakasih, pemberian hadiah, penawaran spesial dan beberapa perlakuan terhadap pelanggan dapat meningkatkan engagement antara penjual dan pembeli. Dalam proses nya, Digital Marketing menggunakan metode yang sama namun dengan media yang berbeda. Yang biasanya menggunakan sebuah brosur beralih menjadi sebuah poster, bisanya memperkenalkan produk door to door beralih ke penggunaan video, dst. Maka proses pemasaran akan lebih cepat menjangkau konsumen dari berbagai aspek yang seharusnya di raih dalam beberapa minggu kini hanya dalam hitungan jam.

Situasi pandemi yang mengharuskan kita untuk mengurangi kegiatan di luar rumah telah merubah pola kehidupan konsumen, yang biasanya datang ke pasar untuk perlengkapan rumah tangga, sekarang membutuhkan alternative lain agar dapat membeli barang tanpa harus pergi keluar rumah. Disinilah bentuk peluang yang dimiliki Digital Marketing untuk menguasai pasar.

Namun kita semua tau, ketika ada peluang maka ada juga resiko. Dalam kategori Digital Marketing, salah satu kondisi yang disebut cyber-security risk merupakan resiko terbesar dimana proses hacking dan pembobolan data melalui jejaring digital rawan terjadi. Tanpa system keamanan yang kuat proses penjebolan perangkat lunak ini dapat menyebabkan hilangnya data-data penting yang telah dikumpulkan oleh suatu perusahaan. Menurut Lawrence A. Gordon, seorang Profesor dari University of Maryland Institute for Advanced Computer Studies, cyber-security risk dapat dikelola dengan cara melakukan pengembangan teknis, kontrol internal, pengembangan perilaku karyawan dan kultur organisasi, melakukan information sharing, dan menerapkan asuransi pada cyber-security. Hal itu diharapkan dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya pencurian data.

Selain itu penyesuaian sektor bisnis dari konvensional menjadi e-commerse adalah salah satu tantangan utama untuk bisa bertahan dalam kondisi pandemi COVID-19, gaptek atau gagap teknologi menjadi alasan banyak pengusaha UMKM yang tidak dapat menyesuaikan dan akhirnya memilih untuk gulung tikar.

Menurut Internet World Stats, jumlah pengguna internet dunia telah mencapai 2,4 miliar kepala atau 34% dari seluruh populasi dunia, dan terus bertumbuh dengan rata-rata kecepatan 14 juta orang setiap bulannya. Melihat data tersebut, jika proses adaptasi dan penyesuaian terhadap pengunaan teknologi dalam sektor pemasaran dapat dimaksimalkan, maka wirausaha UMKM dapat terus bertambah seiring dengan kemajuan teknologi yang terus berkembang. Namun ketika proses marketing atau pemasaran mengalami kegagalan maka tingkat kerugian yang dialami oleh perusahaan juga tidak sedikit. Maka dari itu, konsep yang diangkat sebuah perusahaan dalam pemasaran harus benar-benar matang dan dikelola oleh sumber daya manusia yang professional.

Untuk meningkatkan efektivitas dari Digital Marketing, terdapat salah satu susunan diagram yang cukup terkenal yakni SOSTAC Marketing Diagram. Terdapat beberapa poin yang tercantum dalam diagram tersebut, yang pertama ialah Situation Analysis, yakni bagaimana kita memahami kondisi kita dalam satu waktu tertentu, dimana dan seperti apa keadaan yang kita hadapi sebelum menentukan langkah selanjutnya yang akan kita ambil. Didalamnya terdapat analisis SWOT dari E-marketplace, selera konsumen dan tren yang terdapat dalam masyarakat, pandangan brand di mata public, kapabilitas internal dan sumber daya.

Lalu poin yang kedua adalah Objectives, merupakan poin yang mengarahkan kemana tujuan yang akan diraih, hal yang harus ditentukan di periode awal untuk membuat garis pencapaian atau line goal sehingga proses yang dilakukan tidak keluar terlalu jauh dari tujuan awal. Terdapat 5Ss objektivitas yang terdapat dalam penentuan tujuan yakni, Sell, Serve, Sizzle, Speak, dan Save.

Poin yang ketiga yakni Strategy, mengharuskan kita untuk membuat perencanaan bagaimana cara kita mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Segmentasi pasar, target-target, serta bagaimana system penempatan posisi, meningkatkan proposisi penambahan value yang akan diterapkan dalam pemasaran digital (melalui media online), kredibilitas dan keterbukaan, pembangunan database, dan penyediaan fasilitas pendukung.

Selanjutnya adalah Tactics, dimana manajer pemasaran mengklasifikasikan lagi berbagai tindakan-tindakan apa yang benar-benar diperlukan sehingga proses menuju tujuan dapat dicapai dengan maksimal. Mengenali berbagai jenis kegiatan di pasar, dimulai dari bagaimana proses komunikasi, hubungan social, dan bagamana proses pendekatan yang memiliki peluang untuk meningkatkan engagement, detail kontrak yang menguntungkan, penjadwalan  dan beberapa pencapaian yang telah ditetapkan.

Lalu poin yang kelima yaitu Action, diantaranya berisikan langkah-langkah dan bentuk kegiatan yang diambil untuk memaksimalkan proses pemasaran dengan tingkat keberhasilan yang tinggi pula. Detail dari taktik tentang bagaimana, apa dan kapan akan dilakukannya kegiatan yang berkaitan dengan pembentukan struktur dan kewajiban yang dimilikinya, sumber daya internal dan keterampilan yang digunakan, serta kerjasama dengan beberapa agensi eksterbal.

Dan yang terakhir ialah Control, bagaimana cara kita memonitoring dan bagaimana kita bisa mengendalikan tingkat keefisienan dari sebuah promosi, menghindari tindakan pelanggaran dan meminimalisir terjadinya hal-hal yang menambah resiko kegagalan menjadi lebih besar. Menggunakan 5Ss dan webs Analitycs untuk meningkatkan hasil pemeriksaan yang lebih baik, penerapan mystery shopper sebagai bentuk evaluasi, survey akan kepuasan konsumen, meningkatkan kegunaan fasilitas daftar pengunjung website, pelaporan yang terjadwal, dan penyempurnaan berbagai pelaporan dan tindakan untuk pengembangan bisnis.

Memiliki suatu bisnis memerlukan persiapan yang tidak sedikit, bahkan untuk mendapatkan penjualan yang maksimal perlu metode pemasaran yang tepat. Salah satu hal yang dibutuhkan dalam situasi pandemi yang berkepanjangan ini, Digital Marketing dapat membantu meraih konsumen melalui beberapa platform media sosial. Dengan begitu, UMKM dan berbagai jenis usaha dapat membantu pertumbuhan ekonomi dengan maksimal. Terimakasih atas perhatiannya, semoga bermanfaat!

Comments